About

Jumat, 27 Desember 2013

Membuat Penomoran Halaman Yang Berbeda karakter dalam satu File



Pada Kesempatan Kali Ini, kita akan sedikit share tentang cara membuat penomoran yang berbeda karakter (seperti pada awal buku menggunakan romawi, kemudian angka dsb), biasanya penomoran seperti ini digunakan untuk file-file sperti skripsi, tesis, disertasi dan juga karya-karya ilmiyah lainnya. Umumnya antara file sampul dan isi dipisah, maka di sini bisa digabung.

Ok langsung saja, pertama-tama, kita belajar cara memberi penomoran halaman satu karakter, caranya :

  1. Kita buat file seperti biasa, untuk memberi penomoran halaman, pilih menu Insert, pilih Page Number, dan plih diantara keempat pilihan (Bottom : Bag. bawah, Top : Bag. atas, Margin : Pinggir Hlm, Current : Posisi krusor)

  2. Mungkin kita biasa dengan halaman pertama sebagai halaman sampul, jadi untuk hanya menghilangkan penomoran halaman pertama, kita klik "different first page" yang ada di menu format ketika posisi pointer mouse kita berada di area footer (yang juga menjadi area bagi penomoran halaman), 

  3. Langkah nomor (2), biasanya menjadi kendala pada angka penomoran, sehingga halaman setelah sampul menjadi halaman dua, jika demikian, setting penomoran halaman dengan menaruh krusor di lokasi penomoran halaman dan akan muncul menu Design, Pilih Page Number, Pilih Format Page Number, pilih start at dan isi dengan angka "0"
    • a
    • b

Sekarang, untuk Cara Penomoran Halaman berbeda karakter,
  1. Pastikan belum dilakukan penomoran halaman, kemudian posisikan pointer mouse pada posisi kanan kata terakhir pada halaman sampul (misal kata terakhir pada halaman sampul adalah "2013", maka posisikan mouse sebelah kanan angka 3), kemudian pilih menu Page Format, pilih break, pilih next page (Ini Berfungsi Membuat Section baru, karena penomoran halaman bisa berbeda, jika berbeda section)

  2. Pada Halaman ke dua, Pilih menu Insert, pilih Page Number, dan plih diantara keeempat pilihan dan klik (Bottom : Bag. bawah, Top : Bag. atas, Margin : Pinggir Hlm, Current : Posisi krusor)
  3. Kita asumsikan halaman ke dua adalah kata pengantar, maka penomoran halaman biasanya menggunakan angka romawi, Untuk mengubah penomoran halaman ini menjadi romawi, setting penomoran halaman dengan menaruh krusor di lokasi penomoran halaman dan akan muncul menu Design, Pilih Page Number, Pilih Format Page Number, pilih Number Format, pilih angka romawi dan kemudian OK.
  4. Karena pada halaman berikutnya adalah BAB I, maka biasanya menggunakan angka biasa, untuk membuatnya lakukan langkah ke 1,2 dan ke tiga pilih angka biasa pada Format Page Number. 
  5. Jika penomoran berlanjut atau tidak dimulai dari angka satu atau penomoran tidak sesuai dengan yang kita inginkan, posisikan kruson pada posisi nomor halaman dan klik Link To Previous

Selamat mencoba, Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di komentar, trima kasih atas kunjungannya.

Artikel Terkait MS Word ,Office

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. tks bro, sangat membantu..Menurut pengalaman gw, pada section break berikutnya (halaman Bab I), pada modify page number pilih apply to : below pages BUKAN all pages

    BalasHapus